Mahasiswi KKN Unhas Melakukan Pembagian Bibit Sayuran dan Sosialiasikan Pentingnya Menanam Sayuran di Rumah untuk Ketahanan Pangan dan Ekonomi Tanggap COVID-19

Mahasiswi KKN Unhas Melakukan Pembagian Bibit Sayuran dan Sosialiasikan Pentingnya Menanam Sayuran di Rumah untuk Ketahanan Pangan dan Ekonomi Tanggap COVID-19

Mahasiswi Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tergabung dalam KKN Tematik Gel. 104 Kelompok Soppeng 2, Natarina Mattola (Prodi Agribisnis) mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan kegiatan produktif di rumah selama masa pandemi, seperti dengan menanam sayuran di pekarangan rumah.

Kegiatan ini dapat memberikan manfaat ganda. Selain untuk menghias rumah dan menambah segar suasana, sayur yang ditanam tentu saja bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Bahkan jika panen melimpah, bisa dibagikan ke tetangga atau menjadi peluang bisnis. Sehingga, juga dapat menambah pendapatan keluarga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 13 Juli – 5 Agustus 2020 di Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng yang ditujukan untuk masyarakat sekitar. Bibit sayuran yang dibagikan berupa bibit tanaman cabai, terung, dan sawi. Bibit yang dibagikan merupakan bibit yang telah siap rawat dalam polybag. Tidak hanya membagikan bibit, Natarina juga membagikan brosur mengenai panduan perawatan sayuran tersebut hingga siap dipanen. Harapannya, setelah dibagikan masyarakat dapat merawat kembali tanaman sayur tersebut hingga siap dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari sehingga dapat membantu ketahanan pangan masyarakat dan Ekonomi Tanggap COVID-19. 

Selain mengedukasi masyarakat mengenai penanaman sayuran menggunakan sistem konvensional atau menggunakan media tanah, Natarina juga mengedukasi mengenai alternatif lain penanaman sayuran dengan memanfaatkan air atau sistem hidroponik yang sederhana, yaitu dengan sistem wick/sumbu.

Di tengah pandemi covid-19 ini, tentunya tidak menyurutkan semangat mereka untuk dapat berkontribusi untuk masyarakat meskipun tak seperti KKN yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Pandemi mengharuskan mereka untuk membuat program kerja individu dengan tetap mematuhi SOP Covid-19. Diungkapkan, tema yang diambil oleh Universitas Hasanuddin dalam KKN kali ini adalah “Bersatu Melawan COVID-19”.

Sehingga, program kerja ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol covid-19 dan Peraturan Pemerintah Kab.Soppeng yang menganjurkan pemakaian masker dan menghindari kerumunan, maka kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi rumah warga satu per satu.

Tak hanya itu saja, untuk menarik minat masyarakat maka sosialisasi tersebut juga dibuat dalam bentuk video edukasi mengenai Tutorial Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana yang nantinya dapat diakses di website pemerintah kabupaten soppeng. Hal itu tentunya sesuai dengan tagline di rumah aja sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk mengakses. Harapannya dengan adanya video tersebut masyarakat akan lebih paham mengenai cara menanam sayuran dengan sistem hidroponik.

Penulis : Natarina Mattola

Lalabata

Read Previous

Pelayanan Izin Usaha Mikro Melalui Aplikasi SiKalong

Read Next

Cegah Penularan COVID-19, Mahasiswi KKN Unhas Melakukan Pembagian Masker dan Sosialisasikan mengenai Protokol Kesehatan pada UKM