Kelurahan Ompo

Kelurahan Ompo merupakan salah satu kelurahan dari 10 ( Sepuluh) Desa / Kelurahan yang ada di kecamatan lalabata Kabupaten Soppeng, Kelurahan ompo terdiri atas 2 (dua) Lingkungan yaitu lingkungan ompo Dan lingkungan lawo. Kelurahan ompo adalah kelurahan dengan potensi pertanian dan merupakan kawasan wisata. Berikut gambaran sejarah perkembangan kelurahan ini. Awalnya kelurahan ompo Kelurahan ompo merupakan sebuah Desa dikecamatan Lalabata yang di pimping oleh Bapak Abd. Rahman, Kemudian Priode selanjutnya desa ompo mengalami perubahan menjadi wanua ompo yang di pimping oleh bapak B. Nur, Pada saat pemerintahan bapak B. Nur Desa ompo terdiri dari 4 Lingkungan yaitu Lingkungan Madello, Lingkungan Ompo, Lingkungan Lapajung, Lingkungan Salokaraja, Selanjutnya setelah diadakan pemekarannya Meliputu Kelurahan Ompo, Kelurahan Lapajung, Kelurahan Salokaraja. Lurah Pertama Kelurahan Ompo di pimping oleh Bapak M.Aras Upe, di priode berikutnya dipimping oleh Bapak Andi Asin. BA, Periode Berikutnya di pimping oleh Bapak Andi Hasanuddin Sampai Tahun 1990, Kemudian periode Tahun 1990 sampai 2012 di Pimping oleh bapak M. Arief, S.Sos Kemudian tahun 2013 sampai 2019 dipimping oleh Bapak A. Akmal Hasnan Ramli, S.STP, Ibu A. Wirna Risfani, S.Sos Menjadi lurah pada periode selanjutnya Sampai sekarang.

BATAS WILAYAH KELURAHAN OMPO
Sebelah Timur Kelurahan Salokaraja
Sebelah Utara Desa Pesse
Sebelah Barat Desa Mattabulu
Sebelah Selatan Kelurahan Lapajung
Visi
Misi
Luas Wilayah
Keadaan Topografi

VISI KELURAHAN OMPO

Visi adalah suatu gambaran ideal tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan kelurahan. Penyusunan Visi Kelurahan Ompo dilakukan dengan pendekatan pertisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di kelurahan seperti, LPMK, Toko-toko Masyarakat, Toko-toko Agama, Toko-toko Pemuda, Toko-toko Perempuan dan masyarakat kelurahan pada umumnya.

Berdasarkan hasil musyawarah bersama maka di tetapkan VISI Kelurahan Kelurahan ompo adalah sebagai berikut.

Terwujudnya masyarakat Ompo yang bersatu, maju, maju, Adil, Makmur, Beriman dan Bertakwa, Berkesadaran Hukum dan lingkungan, Berpendidikan dalam Tatanam Masyarakat Madani.

MISI KELURAHAN OMPO

Selain Penyusunan Visi juga di tetapkan Misi-misi yang memuat sesuatusesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Kelurahan agar Visi Kelurahan dapat tercapai. Pernyataan Visi ini dijabarkan kedalam misi agar dapat dioperasionalkan dan dikerjakan. Sebagaimana penyusunan Visi, dalam penyusunan misi juga menggunakanpendekatan partisipatif dan dengan pertimbangan potensi dan kebutuhan kelurahan Ompo. Sebagaimana proses yang dilakukan maka Misi Kelurahan Ompo adalah sebagai berikut :

  1. Memperjuangkan Terwujudnya peningkatan segala aspekkehidupan dan Penghidupan masyarakat guna terwujudnya cita-cita Pembangunan nasional.
  2. Meningkatkan pertanian menuju swasembada pangan pada tahun 2015.
  3. Meningkatkan sumber Daya Manusia (SDM).
  4. Mewujudkan tersedianya prasarana dan sarana Publik yang memadai.
  5. Mendorong kemajuan sector usaha mikro.
  6. Mendorong terlaksananya pemerintahan kelurahan yang efektif dan efisien.
  7. Mendorong Peningkatan mutu kesehatan masyarakat.

Luas Wilayah Kelurahan Ompo

Luas wilayah Kelurahan Ompo sekitar 2328 Km2. Sebagai tempat tinggal dan merupakan kawasan wisata dan juga potensinya adalah pertanian (sawah) dan, ada juga sebagian kecil penduduk yang pedagang dan berternak, namun luas Penggunaan lahan yang begitu signifikan, hanya di sekitar rumah saja.  

Kelurahan ompo terletak pada dataran renda dimana sebagian besar wilayahnya berada pada ketinggian 1500 – 2000 M di atas prmukaan laut dengan permukaan topografi bergelombang.

Secara Umum keadaan topografi kelurahan ompo adalah daerah daratan.

Iklim dan Tanah

Iklim Kelurahan Ompo sebagaimana/ kelurahan lain di wilayah indonesia beriklim tropis dengan 2 musim, yakni musim hujan dan kemarau. Tipe tanah di kelurahan ompo berstektur pasir dan Liat (gomosol dan alufial) dengan iklim curah hujan yang dapat di golongkan sebagai berikut:

  • Curah Hujan antara 500 -1000 mm/ tahun terjadi pada bulan agustus, September, Oktober, februari, dan maret.
  • Curat hujan antara 1000 – 2000 mm/ tahun terjadi pada bulan dessember, januari dan maret.

Data Pegawai
Struktur Organisasi
Potensi Wilayah
Data Statistik
DATA PEGAWAI KELURAHAN OMPO KECAMATAN LALABATA
NAMA JABATAN LINK
Andi Wirna Risfani, S.Sos Lurah Lihat Detail
Wakkatang,SE Sekretaris Lihat Detail
Andi Rahayu,SE,MM Kasi Pemerintahan Lihat Detail
Andi Baso Muh.Hamka,S.IP Kasi Trantib Lihat Detail
Andi Amran,SE Kasi Ekban & Kesra Lihat Detail
Lajidin,SE Pengolah Data Pemerintahan Lihat Detail
Anas,SE Pengelola Administrasi Pemerintahan Lihat Detail
Fitryani, S.IP Pengelola Data Aset Lihat Detail
Asriani,S.IP Pengelola Data Keuangan Lihat Detail
Struktur Organisasi Kelurahan Ompo
DATA KELURAHAN OMPO
Penerima Ranstra APBN Lihat Detail
Daftar penerima kartu BPNT Lihat Detail
Daftar nama penyaluran kartu BPNT Lihat Detail