Alat Deteksi Covid-19 Kini Ada di Soppeng

Merebaknya wabah Covid-19 menjadikan dunia berada dalam keadaan siaga penuh untuk menghadapi wabah yang sudah ditetapkan sebagai pandemi ini. Anjuran untuk #DiRumahAja sudah berjalan selama beberapa waktu. Namun karena kepentingan mendesak yang berdeba-beda, di Soppeng masih sering detemukan orang yang keluar rumah. Tapi sesuai anjuran Bupati, setiap yang keluar rumah harus menggunakan masker. Covid-19 di Soppeng hingga saat ini sudah ada beberapa kasus yang membuat pemerintah Soppeng semakin siaga. Semua warkop dan kafe, Taman Kalong, serta warung di pelataran Mesjid Raya dilarang beroperasi.

Kemarin (23/04/2020), dikawal oleh Gubernur, Nurdin Abdullah (NA), alat untuk mendeteksi Covid-19 tiba di Soppeng. Gubernur NA menyambut dengan antusias kedatangan alat ini atas usaha dan kerja keras Bupati Soppeng, H.A. Kaswadi Razak.

Kabartujuhsatu.com, Soppeng (Sulsel) – Menghadapi Infeksi Novel Corona Virus di kabupaten Soppeng tidak di ragukan lagi kesiapannya, pasalnya Kabupaten Soppeng sekarang sudah memiliki alat untuk mendeteksi atau menggandakan rantai DNA, sehingga bisa di peroleh rantai DNA yang bisa d cocokan dengan target.

Alat tersebut di namakan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang sekarang ini menjadi fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Soppeng dalam menangani pasien yang terpapar atau terinfeksi virus Corona 19 dan tersimpan di laboratorium kesehatan daerah kabupaten Soppeng.

Menurut Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak Alat Polymerase Chain Reaction (PCR ) yang ada Di Labkesda itu di pesan di jerman dan kabupaten soppeng yang pertama memiliki alat ini, untuk tingkat Kabupaten /kota di sulsel, ujar Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak saat menerima kunjungan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Media Center penanganan covid 19, Rabu (22/4/2020). Kaswadi menjelaskan bahwa ,” Alat PCR ini kegunaannya adalah untuk menggandakan rantai DNA, sehingga bisa di peroleh rantai DNA yang bisa d cocokan dengan target yang di duga terpapar covid-19, sehingga tidak butuh waktu lama lagi untuk bisa mengetahui hasilnya apakah positif atau negatif sampelnya, jelas Bupati Soppeng.

Selain itu juga dijelaskan bahwa, Alat ini bukan hanya untuk mengecek virus covid 19, tapi juga bisa dipakai untuk mengecek virus lain, katanya.

Lanjutnya “Alat PCR yang di miliki kabupaten Soppeng, Insya Allah bisa membantu daerah lain utamanya daerah tetangga untuk hasil labnya, akan tetapi mohon maaf ” kalau orangnya kami belum bisa menerima, hanya hasil laboratoriumnya saja, tandas Kaswadi.

Sementara itu Gubernur Sulsel Prof. DR. HM. Nurdin Abdullah dalam arahannya memberi apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Soppeng, karena saat ini sudah memiliki Laborotorium yang dilengkapi dengan PCR, “Ini luar Biasa,” kata Gubernur Sulsel.

“Kami saja kapasitasnya di Makassar hanya 60 dalam satu hari, kali ini bisa seribu, saya bisa kirim sample untuk kita uji coba supaya lebih cepat,” tandas mantan Bupati Bantaeng tersebut.
Gubernur NA mengatakan, “Provinsi bisa tertolong karena Inovasi pemerintah daerah, keinginan pimpinan daerah untuk memproteksi rakyatnya sangat luar biasa, kita bisa lihat sampai saat ini soppeng masih terjaga dengan baik.
Gubernur sulsel dalam lawatannya ke kabupaten soppeng untuk melihat situasi terkait masalah covid 19 yang Sampai saat ini belum berakhir.
Pada kesempatan tersebut juga Gubernur sulsel juga berkenan meyerahkan bantuan berupa APD, yang diterima Langsung oleh Bupati Soppeng.
Dalam kunjungan Gubernur NA juga berkenang meresmikan penggunaan Laborotorium Kesehatan daerah Kabupaten Soppeng.
Acada Turut di hadiri, Ketua DPRD Soppeng, para anggota Muspida, Ketua Pengadilan Negeru Soppeng, Ketua Pengadilan Agama Soppeng, Sekkab soppeng serta para pimpinan SKPD.

artikel : https://kabartujuhsatu.com/2020/04/22/gubernur-na-sebut-pemda-soppeng-luar-biasa-sudah-miliki-alat-pcr-deteksi-covid-19-dari-jerman/ , https://kabartujuhsatu.com/2020/04/22/soppeng-masih-terjaga-dengan-baik-gubernur-na-apresiasi-bupati-soppeng-memproteksi-rakyatnya/

Lalabata

Read Previous

119 KEPALA KELUARGA DI DESA MACCILE TERIMA DANA BLT COVID-19